in

Ini Lho Keunikan Tersembunyi Tari Kecak Bali

Bukan cuman alamnya, tapi juga budayanya yang unik!

Bali selain terkenal dengan objek wisata alamnya yang menakjubkan, ternyata terdapat wisata budayanya yaitu seni tari. Salah satu seni tari yang terkenal di Bali ini adalah kecak. Tarian kecak berasal dari ritual Sanghyang, sebuah tradisi yang mana penarinya dalam keadaan tidak sadarkan diri karena sedang melakukan komunikasi dengan sang Pencipta.

Komunikasi yang dilakukan ini tujuannya untuk menyampaikan harapan. Tarian kecak ini tidak diiringi dengan irama musik gamelan tetapi hanya menggunakan kincringan kaki yang dipakai oleh para penari. Para penari yang sedang duduk melingkari para penari lainnya berkata “cak – cak – cak” berkali-kali. Kata-kata tersebut diucapkan berulang kali maka tarian ini disebut kecak.

Dan yang paling unik dari tari kecak ini adalah tidak diiringi alat musik apapun, tetapi hanya diiringi dengan paduan suara sekitar 70 sampai 100 orang pria.didalam tari kecak ini terdapat cerita epos Ramayana. Lantas, bagaimana alur cerita yang terdapat dalan tarian kecak itu? yuk kita simak bersama-sama lansirannya dibawah ini!

Adapun beberapa alur cerita yang terdapat pada tarian kecak

Adengan yang pertama, yaitu Rama, Sita dan Laksmana memasuki arena. Kemudian muncul sebuah kijang emas dan Sita meminta Rama untuk menangkapnya. Karena permintaan Sita tersebut, maka Rama meninggalkan Sita yang dijaga oleh Laksmana. Tidak lama kemudian terdengar jeritan minta tolong. Karena terdengar jeritan tersebut yang menurut Sita adalah suara Rama, sehingga Sita menyuruh Laksmana untuk membantunya. Namun, takut dituduh hendak mencari untung atas kematian Rama, sehingga Laksmana pergi meninggalkan Sita seorang diri di hutan.

Adegan yang kedua, yaitu muncullah Rahwana yang akan menculik Sita namun tidak berhasil. Dengan akal jahatnya Rahwana berubah wujud dirinya menjadi seorang Bhagawan yang kehausan dan minta diambilkan air oleh Dewi Sita. Selanjutnya Sita dibawa lari oleh Bhagawan tersebut. Lalu Sita menjerit meminta pertolongan, jeritan tersebut didengar oleh burung garuda yang sedang terbang diangkasa, burung tersebut menolong Sita. Sayangnya tidak berhasil karena sayapnya putus ditebas oleh Rahwana. Akhirnya Sita pun dibawa kabur oleh Rahwana ke Alengka Pura.

Adegan yang terakhir, yaitu Rama yang ditemani abdinya Truna Laksmana yang sedang tersesat di hutan Ayodya Pura. Kemudian ingat dengan Dewi Sita yaitu istrinya yang dibawa kabur oleh Rahwana ke Alengka Pura. Kemudian dengan bantuan Hanoman, Laksmana bisa membawa cincin Rama ke Alengka Pura untuk diberikan Dewi Sita.

Demikianlah tadi beberapa ulasan menarik yang bisa kami informasikan kepada Anda tentang wisata budaya tari kecak, semoga bisa menjadi inspirasi terbaik untuk wisata Anda di akhir pekan.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ilustrasi orang sukses

Ingin Sukses? Yuk Ikuti Tahap-Tahap dan Tipsnya!

4 Tips Gampang Membedakan Smartphone Asli dan Replika