in

4 Tips Gampang Membedakan Smartphone Asli dan Replika

Saat ini semakin marak saja motif-motif baru dari penipuan. Salah satunya ialah online shop yang menjual gadget dan smartphone. Untuk menarik pembeli, biasanya para penjual nakal tersebut memasang harga yang jauh lebih murah dari harga pasar pada produk smartphone yang ia jual. Namun ada juga para penjual yang secara terang-terangan menjual smartphone replika atau super copy. Jika dilihat sepintas tampilan luarnya, handphone replika ini nyaris seperti handphone aslinya. Nah Anda sebagai konsumen harus bisa membedakan mana yang merupakan smartphone asli dan mana yang replika. Untuk dapat mengetahuinya, baca ulasan yang kami sajikan berikut ini.

1. Cek Feature Yang Ada

hoil-ryu-38187-min.jpg
Mengecek feature photo

Ketika mengecek keaslian smartphone yang akan Anda beli, Anda dapat melakukan tes sederhana seperti screenshot menggunakan tombol power dan tombol home. Caranya mudah sekali, Anda tinggal menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan. Apabila Anda dapat mendapatkan hasil screenshot dari cara diatas maka dapat dipastikan handphone yang akan Anda beli tersebut asli.

2. Cek Kembali Nomor IMEInya

Jika Anda membeli handphone baru atau bekas yang dilengkapi dengan dosbook pastilah di dosbook tersebut tercantum nomor IMEI. Nah dari situ, Anda bisa mengecek keaslian dari smartphone tersebut dengan cara menekan *#06#. Setelah memasukkan kode tersebut pada fitur panggilan, nomor IMEI dari handphone tersebut akan muncul. Maka Anda tinggal mencocokan dengan nomor IMEI yang tercantum pada dosbook. Jika hasilnya tidak sesuai, maka dapat dipastikan handphone tersebut tidaklah asli alias barang replika.

3. Cek Kondisi Fisik

thom-161-min.jpg
Cek kondisi fisik smartphone

Cara mudah lainnya untuk mengecek keaslian smartphone ialah dengan mengecek kondisi fisiknya atau dari segi material yang digunakan. Berbeda dengan smartphone aslinya yang memiliki tombol yang fleksibel dan mudah digunakan, tombol power yang ada pada handphone replika ini cenderung keras. Jika dipegang pun keduanya memiliki tekstur yang berbeda.

4. Hasil Kamera yang Jauh Berbeda

jordan-mcqueen-10434-min.jpg
Cek hasil photo dari kameranya

Dengan tes kamera ini Anda dapat mengetahui keaslian dari smartphone yang akan Anda beli. Coba bandingkan dari segi kamera pada handphone asli dan versi replikanya. Hasilnya pasti akan jauh berbeda. Misalkan smartphone aslinya memiliki resolusi kamera 16 MP maka pada versi replikanya akan jauh berbeda di bawahnya.

Itulah beberapa Cara Mudah Membedakan Smartphone Asli dan Replika. Semoga dapat menjadi patokan Anda sebelum membeli handphone baru.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Lho Keunikan Tersembunyi Tari Kecak Bali

Patung Garuda Wisnu Kencana

Objek Wisata Menarik Yang Penuh dengan Filosofi